Cari Tahu Fakta Unik Yang Belum Anda Tahu di Pustaka Fakta Online Agar Semakin Banyak Fakta Yang Bisa Anda Ketahui " Semakin Banyak Tahu Semakin Berisi "

Inilah Faktanya Ternyata Gajah Satu-Satunya Hewan Yang Tidak Bisa Meloncat


T
ernyata Faktanya Gajah satu-satunya hewan yang tidak bisa meloncat. Mengapa demikian?

Gajah merupakan salah binatang yang mempunyai banyak keunikan. Dengan tubuh superbesar, berat, dengan suara nyaring, gajah mempunyai banyak kelebihan yang tidak dimiliki hewan lain.
Inilah FaktaTentang Gajah 
Namun ada satu keunikan binatang berbelalai ini, yakni gajah merupakan satu-satunya hewan mamalia yang ternyata sama sekali tidak bisa melompat. Maklum berat badan gajah dewasa bisa mencapai 5.400 kg. Saat lahir saja, bayi gajah memiliki berat sekitar 120 kg dengan tinggi 90 cm, yang merupakna bayi mamalia terbesar di dunia.
Konon, jika saja seekor gajah dapat melompat, getarannya bisa terdengar hingga 32 km jauhnya melalui tanah. Gajah memang diciptakan Tuhan, untuk tidak bisa melompat. Selain karena badan yang superberat, ketidakmampuan gajah melompat disebabkan struktur tulang kakinya. Baik telapak maupun pergelangan kakinya tidak memiliki kelenturan seperti yang dimiliki mamalia lainnya yang bisa melompat.
Gajah adalah salah satu hewan yang memiliki tubuh yang besar dan tergolong hewan yang cerdas. hal ini terbukti dari adanya penggunaan hewan ini sebagai salah satu tenaga untuk membantu manusia mengangkat beban yang berat seperti kayu atau benda-benda lainnya. anda bisa melihat hal ini di sumatera, khususnya di taman nasional way kambas. di taman nasional tersebut anda bisa lihat berbagai macam kegiatan gajah yang memiliki berbagai macam ketrampilan. Dalam sejarah, gajah afrika merupakan hewan darat paling besar di dunia. spesies gajah sendiri memiliki 500 spesies dan kini hanya tersisa 2 spesies saja. spesies gajah yang pertama adalah asia elephas maximus, dan spesies yang kedua dinamakan gajah afrika dengan nama latin ( afrika loxodanta africana ). spesies gajah afrika dan asia mulai terpisah sejak dua juta tahun yang lalu. dari segi fisik, telinga yang dimiliki gajah asia lebih kecil dibandingkan degan gajah afrika. selain itu gajah asia juga memiliki dahi dengan bentuk yang rata. pada bagian kepala gajah asia hanya terdiri dari 2 bonggol saja. sedangakan pada gajah afrika hanya memiliki satu bonggol saja. pada bagian lainnya seperti pada ujung belalainya, gajah asia hanya punya 1 bibir saja, sedangkan pada gajah afrika memiliki 2 bibir.
Gajah harus menempatkan satu kaki di tanah jika ingin duduk. Itulah sebabnya gerakan gajah terlihat lucu saat berjalan. Mempunyai tubuh besar tetapi lamban gerakannya jika berjalan.
Namun kendati berbadan besar, gajah merupakan hewan perenang handal. Mereka dapat berenang selama 6 jam dan menempuh jarak hingga 50 km. Tengkorak gajah yang besar dan kuat, berisi otak yang sangat cerdas. Karena itu, gajah mempunyai ingatan yang sangat baik dan jarang melupakan perintah-perintah yang telah diajarkan. Seekor gajah mampu mengingat 25 perintah atau aba-aba dan mampu membuat alat untuk digunakan sendiri. Sebagai contoh, gajah akan mematahkan tonggak kayu untuk menggaruk punggungnya.
Pada dasarnya Gerakan gajah sangat lamban dalam berjalan karena membawa bobot yang sangat berat meski kadang gajah mampu berlari. Kini anda bisa melihat gajah di kebun binatang yang ada di sekitar kota anda, dan populasinya pun cukup banyak. Namun disisi lain terdapat beberapa hal tentang gajah yang bisa kita ketahui diantaranya

Anda tahu berapa berat bayi gajah normal? Ternyata berat dari seekor gajah yang baru lahir mencapai 75 – 115 kg dengan berat bahu 100 cm. Ukuran ini jelas adalah ukuran orang dewasa yang gemuk Ketika bayi gajah tumbuh menjadi seekor gajah dewasa, beratnya malah bertambah mencapai 3000 – 5000. Jadi wajar jika anda tidak pernah melihat gajah melompat karena membawa bobot tubuh yang sangat berat. Tubuh yang besar ternyata mempunyai jantung yang besar pula, berat dari jantung gajah dewasa adalah sekitar 12 hingga 21 kg dan berdetak hanya 35 kali per menit. Berbeda dengan hewan lainnya, gajah hanya butuh waktu untuk tidur sekitar 4 jam sehari setiap malamnya.  Hal ini membuat lebih banyak waktu untuk beraktivitas dibanding dengan tidur.

Dalam hal kecepatan, jangan anggap remeh seekor gajah raksasa. Meski badannya yang besar ternyata tidak membuat hewan besar ini lambat dalam berlari. Terbukti kecepatan lari dari seekor gajah bisa mencapai 20 mil per jam.


Berbagi Itu Indah,  Bagikanlah Fakta Ini Kepada Temanmu dengan Tombol share yang tersersedia di bawah artikel ini, Agar Lebih banyak orang Yang Di berkati dengan Pengetahuan ini.