Cari Tahu Fakta Unik Yang Belum Anda Tahu di Pustaka Fakta Online Agar Semakin Banyak Fakta Yang Bisa Anda Ketahui " Semakin Banyak Tahu Semakin Berisi "

Inilah Faktanya Ternyata Ikan Tidak Pernah Menutup Matanya

Ternyata Faktanya Ikan Tidak Pernah Menutup Matanya. Mengapa demikian ?

Mungkin kalian heran kenapa ikan matanya tidak pernah menutup atau berkedip padahal dia hidup di air, apakah matanya tidak kemasukan air ya?
Inilah Fakta Tentang Ikan
ikan matanya tidak pernah menutup karena ikan punya kelopak mata ketiga atau membran nictitans. Kelopak mata ini berbentuk membran transparan yang berfungsi untuk membersihkan mata dari kotoran yang masuk atau untuk membasahi bola mata secara cepat. Kalau kelopak mata biasa gerakannya menutup ke atas dan ke bawah, kelopak mata ketiga ini gerakannya ke kanan dan ke kiri sehingga tegak lurus dengan kelopak mata lainnya.
Beberapa Hewan Yang Memiliki Kelopak Mata Ketiga
Selain ikan sebenarnya setiap hewan memiliki kelopak mata ketiga. Namun, ada beberapa hewan yang lebih intens dan optimal dalam menggunakan kelopak mata ini. Burung elang dan burung hantu, misalnya, mereka menggunakan kelopak mata ini untuk melindungi mata saat bertarung atau saat menerkam mangsanya. Hewan-hewan yang hidup di air seperti ikan, buaya, kura-kura, dan katak menggunakan kelopak mata ketiganya untuk melindungi matanya saat berada di dalam air. Kurang lebih fungsinya seperti kacamata renang bagi mereka.
Menurut teori evolusi, manusia juga punya sisa-sisa membran nictitans inilho! Coba kamu lihat mata kamu di depan cermin, perhatikan bagian ujung mata yang dekat hidung, ada semacam mebran berwarna putih di sana. Ya, itulah membran nictitans yang dimaksud. Namun, pada manusia membran ini sudah tidak berfungsi lagi seperti pada hewan.
  • Berbagi Itu Indah,  Bagikanlah Fakta Ini Kepada Temanmu dengan Tombol share yang tersersedia di bawah artikel ini, Agar Lebih banyak orang Yang Di berkati dengan Pengetahuan ini.