Cari Tahu Fakta Unik Yang Belum Anda Tahu di Pustaka Fakta Online Agar Semakin Banyak Fakta Yang Bisa Anda Ketahui " Semakin Banyak Tahu Semakin Berisi "

Inilah Faktanya Ternyata Awan Berwarna Putih

Ini Faktanya Kenapa Awan Bisa Berwarna Putih


Fakta Awan Berwarna Putih


T
ernyata Faktanya Mengapa Awan Berwarna Putih,
Pernahkah pertanyaan ini terlintas di pikiran anda ? Sering kali anda melihat banyak awan berwarna putih. Mengapa demikian ?


Berikut adalah jawaban mengapa awan berwarna putih ?

Kita tahu bahwa matahari memancarkan cahaya ke bumi. Sebelum sampai ke kita, cahaya harus melewati atmosfer bumi, yang kaya akan partikel kecil-kecil, yang lebih kecil daripada panjang gelombang cahaya itu sendiri. Nah, ketika gelombang cahaya datang mengenai partikel-partikel ini, ada sebagian cahaya yang diteruskan, ada juga yang dihamburkan ke berbagai arah ( istilah kerennya di sebut  scattering. Nah, hamburan ini yang terlihat oleh kita. Menurut Rayleigh, intensitas cahaya yang dihamburkan berbanding terbalik dengan panjang gelombang (pangkat 4 pula..)


Inilah Fakta Tentang Awan

Cahaya Matahari Dan Alasan Awan Berwarna Putih

Cahaya yang berasal dari matahari terdiri atas berbagai warna. Karena lama perjalanan cahaya sebagai gelombang panjang berbeda-beda, maka masing-masing warna akan memiliki panjang gelombang yang sangat unik.

Mengapa Awan Berwarna Putih ?


Awan berwarna putih karena awan terdiri dari air atau kristal es yang cukup besar sehingga dapat menyebarkan cahaya yang terdiri dari tujuh panjang gelombang ( merah , oranye , kuning , hijau , biru , nila , dan ungu ), tujuh panjang gelombang itu bergabung untuk menghasilkan satu hal yaitu cahaya yang berwarna putih. Awan akan terlihat gelap atau abu-abu ketika salah satu awan berada di atas bayangan awan lain.



Mengapa Awan Juga Berwarna Abu-Abu Gelap ?

Selain putih awan juga ada yang berwarna abu - abu. Kegelapan awan juga tergantung pada latar belakang langit. Awan akan terlihat lebih gelap apabila dikelilingi oleh langit yang cerah. Tidak benar bahwa mengartikan awan gelap berarti akan hujan.Ketika terjadi hujan kita sering melihat bahwa langit menjadi gelap, hal itu disebabkan karena awan mengalangi cahaya dari matahari.



Mengapa Awan Bisa Berwarna Abu - abu gelap



Namun, ada juga awan hujan yang berwarna abu-abu, bukan putih, hal ini disebabkan karena ketebalan atau ketinggiannya. Artinya, awan semakin tebal dan padat karena mengumpulkan lebih banyak butiran air dan kristal es. Semakin tebal butiran air yang didapat, semakin banyak cahaya yang disebarkan. Akibatnya, semakin berkurang intensitas cahaya yang melewatinya.